Sunday, July 21, 2013

Sekadar Kisah di GBK

Bermula dari sebuah twit seorang teman tadi subuh. Begini isinya:



Dua minggu ini GBK "merah". Minggu kemarin kita kedatangan Arsenal dan kemarin Liverpool bertandang. Tentu ini saat-saat yang dinantikan oleh para The Gooners dan Liverpudlian Indonesia. Pun bagi saya dan dua kawan, meskipun tujuan kami berbeda.

Di dua acara itu, kami berjualan. Sejak konser yang batal waktu itu, kami mencari alternatif lain dan inilah event yang Puji Tuhan ternyata datang di waktu yang tepat. Besangkutan dengan twit teman saya itu, saya ingin berbagi cerita ketika berjualan.

Barang yang saya jual berupa tatto sticker dengan pilihan gambar bendera Indonesia serta logo klub yang menjadi lawan Indonesia. Hasil penjualan mengejutkan saya pribadi. Ternyata logu klub malah yang lebih laris ketimbang gambar bendera Indonesia. Beberapa pembeli yang saya tawarkan bendera Indonesia menolak, bahkan cukup tidak mengenakkan., "Saya dukung Arsenal kok", "Saya dateng buat Liverpool".

Dan seingat saya, di antara sekian banyak orang itu hanya ada satu yang menolak membeli logo klub, ketika Arsenal bermain. Dia malah berjengit ketika saya menawarkan logo Arsenal, sambil menggelengkan kepala dia berkata "Saya dukung Indonesia, Arsenalnya kan udah ada di kaos saya". Ya, dia memang memakai jersey Arsenal dan karena omongannya itu saya rasanya ingin memeluk Mas itu. Hehehehe...

Ada pula bukan orang Indonesia yang malah membeli gambar bendera Indonesia. Rasanya dia orang Malaysia, atau Singapura, atau mungkin India, pokoknya dia membeli logo bendera Indonesia.

Sebenarnya saya agak menyangkan hal itu, meskipun komentar saya tidak semiris ayah teman saya itu. Tapi saya mengerti. Di sisi lain juga saya memahami perasaan para supporter itu. Hanya saja memang benar, kita, tidak semua kita, membiarkan diri kita sendiri mengolok-olok bangsa ini. Dan itu menyedihkan.

Saya rasa hal yang sama akan berlaku minggu depan, ketika giliran Chelsea yang akan bertandang. Tidak menutup kemungkinan apa yang sudah terjadi di dua pertandingan kemarin juga terjadi minggu depan.

NB: ada persamaan antara penggemar pertandingan bola dan konser K-Pop. Para penggemar sama-sama rela menghabiskan uang untuk membeli atribut. Dan, antusias mereka yang tergabung dalam satu suara selalu membuat saya merinding.


No comments:

Post a Comment