Monday, November 7, 2011

The Story Girl, Kerudung Pengantin Si Putri Sombong




Saya sudah sering kali mendengar bahwa karya-karya Lucy M. Montgomery indah, mengasyikan untuk dibaca. Baru kali ini saya berkesempatan memiliki bukunya. Itu juga karena saya mendapatkannya diskon di salah satu toko buku. Buku yang saya beli adalah The Story Girl.

Novel ini menceritakan tentang liburan musim panas keluarga King muda di tanah milik keluarga King. Mereka adalah Gadis Dongeng (nama aslinya Sara Stanley), Bev, Felix, Felicity, Cecily, Dan, Peter, dan Sara Ray. Tidak banyak cerita melibatkan Sara Ray, jadi saya tidak akan terlalu banyak menyebutnya juga. Anggap saja ini kisah tentang Gadis Dongeng dan enam sahabatnya. Sudut pandang pencerita adalah Bev.

Seperti namanya, Gadis Dongeng sangat pandai mendongeng. Ia dikaruniai suara yang indah dan kemampuan bercerita yang mengagumkan. Meskipun beberapa cerita sudah acap kali didengar, tetapi tidak ada yang bosan mendengarnya jika yang menceritakan adalah Gadis Dongeng.

Kisah yang paling saya suka dari Gadis Dongeng adalah kisah tentang Kerudung Pengantin Si Putri Sombong. Ketika Gadis Dongeng dan enam sahabatnya sedang menikmati udara di suatu siang, terlihat awan tipis yang mirip dengan renda panjang. Bentuknya mengingatkan mereka pada kerudung pengantin. Gadis Dongeng pun menceritakan dongeng tentang kerudung pengantin itu.

Kisahnya, pada zaman dahulu hiduplah seorang putri yang cantik. Ia adalah putri yang tercantik di dunia dan semua raja dari seluruh negeri datang untuk melamarnya, Tapi, putri itu menolak mereka semua karena kesombongan akan kencantikannya. Ia menertawakan dan menghina mereka. Ketika ayahnya mendesaknya untuk memilih salah satu di antara mereka untuk menjadi suaminya, putri itu memberikan sebuah syarat yaitu ia akan menikah dengan raja yang mampu mengalahkan semua raja. Ia akan menjadi permaisuri seorang raja yang menguasai dunia. Lalu berperanglah raja-raja tersebut. Pertumpahan darah dan penderitaan di mana-mana dan putri itu malah tertawa-tawa, tidak peduli. 

Ia dan pelayannya membuat sebuah kerudung pengantin yang indah untuk dikenakannya nanti pada hari pernikahannya. Di belakangnya, para pelayan berbisik-bisik mengatakan bahwa kerudung indah itu tersulam kematian setiap laki-laki dan kehancuran hati para perempuan. Banyak yang akhirnya membenci putri yang sombong itu karena penderitaan yang telah ia timbulkan di mana-mana.

Pada suatu hari, terdengar suara terompet di gerbang istana. Seorang pria bertubuh tinggi dengan senjata lengkap, helm tertutup rapat, datang mengendarai kuda putih. Ia ingin melamar sang putri karena ia telah mengalahkan semua raja. Pria itu menyeramkan dan membuat putri takut. Tapi karena kesombongannya, ia akan menikah dengan raja yang terkuat, ia pun menerima lamaran tersebut.

Pernikahan pun dilangsungkan. Putri dihias dengan cantik dan ia menggunakan kerudung panjang yang sudah dipersiapkan bertahun-tahun. Namun sang pria tidak melepas helmnya sehingga tidak ada seorang pun dapat melihat wajahnya. Pernikahan itu tidak dipenuhi dengan gelak tawa dan kebahagiaan.

Setelah pernikahan usai, sang putri dinaikan pria itu ke atas kuda putihnya. Ayah sang putri dan para pelayannya pun naik ke kuda mereka masing-masing. Mereka akan pergi ke tempat pria itu. Makin jauh perjalanan, langit makin gelap dan angin makin kencang menderu. Tepat sebelum senja, mereka memasuki sebuah lembah gelap, penuh dengan kuburan di sana-sini.

Pria itu berkata, "Inilah kerajaanku. Ini adalah kuburan semua raja yang telah kutaklukan. Ketahuilah, Putri yang Cantik, aku adalah Kematian." Kemudian pria itu melepaskan helmnya, muncul wajah yang sangat mengerikan. Dipacunya kuda, memasuki tanah perkuburan itu. Ayah sang putri dan para pelayan dengan berat hati kembali ke kerajaan mereka.

Sejak saat itu tidak ada lagi yang pernah melihat keberadaan si Putri Sombong. Namun, ketika awan putih yang panjang itu berarak di langit, orang-orang yang hidup di negeri tempat sang putri tinggal akan mengatakan, "Hei, lihat, itu kerudung pengantin si Putri Sombong."

Tidak hanya penuh dengan cerita-cerita dongeng, novel ini juga berisikan konflik-konflik khas remaja. Marah-marah kecil, ngambek karena tidak mau mengalah, rasa suka yang mulai muncul, dan cerita tentang persahabatan dikisahkan oleh Lucy dengan menarik dan ringan. 

1 comment:

  1. http://taipanqqgood.blogspot.co.id/2018/05/resep-praktis-nasi-goreng-selimut-untuk.html

    Taipanbiru
    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | asiataipan . com |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    ReplyDelete