Tuesday, September 17, 2013

Malas Berbahasa

Tahu berita tentang Vicky Prasetyo? Iya, yang itu, yang bahasanya tinggi tapi kacau itu. Tulisan ini bukan sekadar ikut-ikutan membahas orang itu. Hanya saja ada hal kebetulan yang ingin saya sampaikan.

Beberapa minggu yang lalu, sebelum kasus Vicky ini terangkat di media, saya dan beberapa teman sedang asik mengobrol tentang bahasa. Bagaimana awalnya saya lupa, hanya saja poin ini yang paling saya ingat betul, masalah penggunaan kata-kata yang rumit.

Si A berkata bahwa ia suka menggunakan suatu kata yang rumit dalam beberapa tulisannya. Hanya suka saja, tapi tidak mengerti makna sebenarnya dari kata itu apa. Si B berkata bahwa ia suka menggunakan kata-kata yang rumit yang sebenarnya tidak nyambung dengan tulisannya, di blog pribadinya. Tapi Si B tahu arti setiap kata yang ia gunakan. Si B ingin mengetes pembaca blognya apakah protes atau tidak ketika ia menggunakan kata yang salah. Dan ternyata pembacanya tidak ada yang mempermasalahkan itu.

Tiba-tiba Vicky muncul. Kebetulan yang memang kebetulan. Tiba-tiba obrolan kami diberi contoh yang paling nyata. Penggunaan bahasa tingkat tinggi yang kerap salah tempat membuat Vicky jadi bahan omongan masyarakat luas. Bahkan tidak mempertanyakan kasus yang Vicky hadapi hingga membuatnya ada di penjara.

Vickyisme memang nampak baru, tapi sebenarnya kesalahan berbahasa sudah terjadi jauh sejak kemunculan Vicky. Banyak orang yang menggunakan kata-kata rumit agar terlihat keren dan berpendidikan. Apalagi ketika Vicky berbicara sebagai calon kepala desa yang notabene tidak semua warganya berpendidikan tinggi. Mereka mungkin saja percaya bahwa orang ini, yang menggunakan bahasa yang tidak saya mengerti, yang bahasanya rumit, yang baru saya dengar sekarang, adalah orang yang pintar dan tahu banyak hal.

Namun sayangnya, para penikmat televisi banyak yang tingkat pendidikannya jauh lebih tinggi sehingga tahu bahwa apa yang dikatakan Vicky itu aneh, tidak jelas, apa sih maksudnya. Bahkan menganggap Vicky sok pintar, sok ngenglish, dan sok sok yang lainnya. Lalu Vicky pun jadi bahan olokan di banyak tempat dan di banyak komunitas.

Contoh Si A, yang dengan sadar, sering menggunakan kata yang rumit untuk tulisannya pun membuat saya tergelitik. Si A tidak mengerti makna kata itu apa, tapi karena kata itu keren jadi ia gunakan dan pembacanya pun tidak ada yang protes.

Di obrolan dengan teman yang lain saya berkata bahwa kebanyakan orang Indonesia itu malas berbahasa. Malas mencari kata dengan padanan yang tepat dan masih mengagungkan "ketinggian" bahasa kita. Seberapa rumit dan susahnyakah kita mencari padanan yang lebih tepat atau mencari kata yang lebih sederhana untuk bahasa yang kita gunakan?

Dalam Pikiran Rakyat, 14 September 2013, Matdon mengatakan bahwa bahasa adalah satu-satunya hiburan yang murah-meriah. Saya sepakat dengan Matdon. Lihat bagaimana ikon-ikon dengan bahasa yang aneh akhirnya banyak ditiru orang. Menjadikan bahasa sebagai hiburan sekaligus sebagai pelecehan.

Tapi saya rasa, fenomena berbahasa seperti ini akan sulit dihilangkan. Masih banyak orang seperti Vicky di luar sana, hanya saja kebetulan saja ia bukan tunangan seorang penyanyi dangdut sehingga tidak masuk tayangan televisi :D

No comments:

Post a Comment