Tuesday, October 4, 2011

Khayalan Penghilang Stress

Berkhayal adalah salah satu cara yang mudah untuk lari dari stress. Saya suka melakukannya. Bukan berkhayal tentang masa depan, tapi berkhayal kita ada di suatu tempat yang damai. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memejamkan mata dan biarkan imajinasimu berkerja. Sedikit senyum di bibir kadang bisa membantu :)

Dalam khayalan saya, kamar saya berubah menjadi padang rumput yang tenang. Kasur dan karpet berubah menjadi rerumpuan hijau yang halus di ujung telapak kaki ketika mereka menyentuhnya. Air yang mengalir dari keran kamar mandi berubah menjadi deretan sungai jernih yang dangkal. Di sana ikan-ikan bersayap jingga berloncat-berlomba mencari udara. Cahaya mouse berubah menjadi lengkung pelangi di seberang sungai.

Matahari berwarna kuning telur. Awan-awan berbentuk permen lolipop dengan senyum teruntai di wajahnya. Langit biru, jernih.

Ada suara burung. Burung-burung kertas hinggap di tangkai-tangkai pohon ara. Suranya beradu dengan simfoni ricik air dan denting bel sapi perah. Klining. Klining. Klining.

Bunga-bunga beraneka warna ajaib memekarkan mahkotanya. Mereka menabur madu, mengundang kupu-kupu kuning cerah, putih gading, biru kehijauan, merah merona untuk hinggap di atasnya. Kunang-kunang hilir-mudik membawa wangi yang manis pada tubuhnya yang menyala oranye.

Angin-angin centil bermain di ujung telinga. Lalu ia singgah di pipi dan mulai menarik-narik ujung rambut. Suaranya riang, mereka minta diperhatikan. Mereka menyanyi lagu senang. Mereka sibuk menari. Mereka tersenyum.

Kelinci-kelinci berbulu kapas muncul dari balik pohon. Mereka mendekat, meninggikan telinga. Minta dielus kedua telinganya. Halus.

Saya bisa melakukan apa saja yang saya inginkan. Saya bernyanyi bersama angin, menari bersama kupu-kupu dan para kelinci, saya berlomba dengan ikan-ikan bersayap jingga, saya nikmati manis awan permen lolipop. Saya berada di dunia yang menyenangkan.

Saran saya, jangan terlalu lama kamu berkhayal. Khayalan memang indah, tapi ia semu. Cukupkan. Mudah-mudahan setelah sadar dari khayalanmu, kamu akan merasa sedikit segar dan menemukan semangat baru. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment