Thursday, February 23, 2012

Cinta dan Sayang ituuu...


Cinta datang dari mata, baru masuk ke hati. Sedangkan sayang datang dari hati dan memancar lewat mata.

Cinta dan sayang apa bedanya? Jika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, ternyata arti cinta dan sayang itu kurang lebih sama, suka sekali, amat suka akan ... Jika kita menerjemahkan dua kata itu dalam bahasa Inggris, kata yang dihasilkan akan sama, love. Tapi hidup tidak hanya berdasarkan kamus bukan? Apalagi cinta dan sayang selalu menyangkut masalah hati. Dan hati lebih dekat pada perasaan.

Siapa yang tidak punya rasa cinta dan sayang? Setiap manusia yang mempunyai hati pasti pernah merasakan kedua rasa itu. Sekecil apa pun itu.

Bagi saya rasa sayang sifatnya lebih permanen dibandingkan rasa cinta. Sayang hanya bisa tumbuh tanpa kita paksakan, sedangkan cinta dapat ditanamkan, ditumbuhkan, diperbaharui, dan dapat dihilangkan. Cinta lebih rumit dari sayang.

Ketika kita memandang seseorang, kita tahu kita jatuh cinta padanya. Tapi kita belum tentu akan menyayangi orang itu. Cinta datang dari mata, baru masuk ke hati. Sedangkan sayang datang dari hati dan memancar lewat mata.

Kita mengenal cinta monyet, cinta pada pandangan pertama, patah hati karena cinta, tapi tidak mengenal sayang monyet, sayang pada pandangan pertama, dan patah hati karena sayang. Agaknya akan lucu jika kita mengatakan sayang monyet pada orang pertama yang kita sukai :P

Bisa jadi karena penggunaan ungkapan itu membuat kita membedakan cinta dan sayang. Cinta tidak abadi dan sayang lebih abadi. Cinta lebih pada perasaan kita kepada lain jenis (gebetan, pacar, dan sebagainya) dan sayang lebih pada perasaan kita pada banyak hal, pada orang tua, pada bunga, pada guling, pada apa pun lainnya.

Saya pikir cinta lebih dua arah dan sayang lebih satu arah. Jika kita mencintai seseorang, kita mengharapkan dia juga akan mencintai kita. Sedangkan jika kita menyayangi seseorang, kita tidak akan pamrih pada orang itu.

Cinta itu ibarat cicak. Jika ekornya putus, ia butuh sebuah kesabaran agar bisa tumbuh kembali. Dan sayang itu ibarat bunga matahari, ia akan senantiasa menemani matahari sampai matahari tidur di sebelah barat dan menunggunya terbangun di sebelah timur.

Apa pun perbedaan cinta dan sayang tersebut, bagi saya mereka tidak akan indah jika tidak digabungkan bersama. Kedua rasa itu diciptakan agar manusia semakin bahagia dan dapat melihat lebih jelas bahwa ternyata dunia lebih indah daripada yang mereka bayangkan.


No comments:

Post a Comment