Saturday, November 17, 2012

Baik yang jujur atau baik yang tidak jujur?

Apakah menjadi orang yang baik berarti tidak jujur pada diri sendiri?
Saya lupa melihat (atau mendengar)--bahkan melihat atau mendengarnya pun saya lupa--di mana dan dari siapa pertanyaan itu diajukan. Tetapi pertanyaan tersebut beberapa kali mengusik pikiran saya. Saya pun bertanya pada diri saya sendiri, apakah saya orang yang baik, apakah saya tidak jujur pada diri saya sendiri.

Pertama kali melihat/mendengar pertanyaan itu, saya pikir itu pertanyaan yang salah. Tetapi, setelah saya pikirkan lagi, pertanyaan itu memang sebuah pertanyaan yang bahkan kadang tidak bisa saya jawab. Apakah saya tidak jujur pada diri saya sendiri ketika saya berusaha menjadi orang yang baik? Apakah ketika saya jujur pada diri saya sendiri berarti saya tidak sedang berusaha menjadi orang yang baik? Ah, memutarbalik pertanyaan itu tidak akan memunculkan jawaban tiba-tiba.

Ada kalanya saya tidak jujur pada diri sendiri ketika berusaha menjadi orang yang baik, tapi ada kalanya saya jujur pada diri sendiri ketika itu. Ketika saya menawarkan sesuatu kepada orang yang tidak saya suka, berarti saya tidak jujur pada diri sendiri ketika melakukan hal yang katanya baik itu.

Ya, mungkin itu yang dimaksudkan si penanya pertanyaan tersebut.

Pertanyaan kemudian sedikit saya ubah: Haruskah kita berbuat baik kepada orang yang membuat kita tidak jujur kepada diri kita sendiri?

Saya bukan orang yang suka basa-basi. Ketika di dalam sebuah ruang dengan orang-orang yang saya kenal dan mereka mengenal saya, saya tidak akan berbasa-basi pada orang yang tidak saya sukai. Saya tidak akan membuka percakapan dan menjawab dengan sesingkat mungkin jika ia bertanya pada saya. Saya berpikir, untuk apa saya berpura-pura baik jika saya tidak jujur pada diri saya dan pada orang itu.

Tapi, banyak orang yang memilih untuk berbasa-basi karena kesopanan mengharuskan yang demikian. Berarti ia sedang tidak jujur pada dirinya sendiri. Serba salah memang. Baik tapi tidak jujur, tidak baik tapi jujur, baik tapi jujur dicap tidak sombong, dan tidak baik tapi jujur tapi dicap sombong. Hahahaha..

Lebih baik kita makan es krim saja di tengah siang panas seperti ini. Selamat makaannn :D

No comments:

Post a Comment