Tuesday, August 30, 2011

Selamat Pagi

Berapa menit waktu yang kamu butuhkan untuk benar-benar sadar dari bangun tidur?

Saya lebih suka terbangun karena saya sudah puas tidur ketimbang harus dibangunkan oleh orang atau pun alarm. Perasaan yang dihasilkan akan berbeda pula. Ketika tubuh saya sudah segar, tubuh saya akan terbangun dengan sendirinya. Lalu saya akan memandang langit-langit tempat saya tidur dan mulai membayangkan mau apa saya setelah bangun tidur ini.

Kadang pula saya menginstropeksi diri saya ketika pagi hari, ketika saya sudah benar-benar dapat berpikir lebih jernih tentang masalah yang saya hadapi di hari kemarin. Itu cukup membantu membangun mood yang lebih baik. Tubuh, pikiran, dan jiwa akan jauh lebih segar.

Karenanya, waktu yang saya butuhkan untuk benar-benar bangun itu cukup lama. Bisa sampai satu jam, kalau saya tidak ada kerjaan, saya merenung sambil memandangi langit-langit. Hal-hal semacam ini pasti akan menjadi sebuah hal yang istimewa ketika nanti saya terikat pada sebuah sistem.

Saya suka bangun pagi. Sayangnya, ketika tidak di rumah saya sulit bangun pagi. Saya pernah mendengar sebuah pepatah bahwa rezeki dan berkat diberikan Tuhan lewat malaikat yang muncul bersama matahari pagi. Saya percaya itu. Ketika di pagi hari saya bangun sebelum matahari terbit, saya suka melihat sinar matahari yang muncul perlahan-lahan. Itu sebuah berkat. Berkat di hari baru yang masih Tuhan berikan kepada saya.

Ada pula pepatah yang mengatakan bahwa rezeki akan dijauhkan dari orang yang bangun siang. Itu kebalikan dari pepatah yang pertama. Saya juga percaya itu. Ada baik, ada buruk. Ada kanan, ada kiri. Ada atas, ada bawah. Semua punya kebalikan.

Pagi hari mengingatkan saya akan banyak hal. Rutinitas menjelang sekolah, perjalanan menuju sekolah, kelas-kelas yang kosong karena belum banyak murid yang datang, hal-hal yang bertahun-tahun saya rindukan. Saya tidak suka dengan rutinitas, tapi ada kalanya saya rindu rutinitas seperti itu.

Selamat pagi. Semoga kita selalu bersyukur atas detak jantung di pagi hari, atas nafas yang masih berhembus, atas mimpi, atas segala hal yang diberikan-Nya kepada kita. Saya suka ucapan "Selamat pagi". jadi, selamat pagi :)

1 comment:

  1. selamat pagi juga
    semoga selalu bertemu pagi
    terbangun dan tersenyum sepenuh hati

    ReplyDelete