Saturday, July 21, 2012

Facebook


Siapa yang tidak kenal jejaring sosial bernama Facebook? Ah, sungguh. Kalimat pembuka ini sungguh klasik dan cari aman. Hahahaha... Ya, pokoknya, siapa sih yang tidak mengenal Facebook masa sekarang ini. Jawabannya: banyak! Hahaha... Saking garingnya sampai kriuk-kriuk :D

Kali ini cerita saya berhubungan dengan Facebook dan keisengan saya. Sudah lama saya ingin melakukan tindakan iseng ini dan akhirnya saya berhasil melakukannya.

Sejak saya mengenal Facebook, saya mulai melupakan rutinitas menelpon atau meng-SMS teman saya yang berulang tahun. Dulu, setiap tahunnya saya membuat kalender sendiri dan tidak lupa mencantumkan nama teman-teman saya di tanggal ulang tahunnya. Dengan kalender itu, saya tidak pernah lupa ulang tahun teman-teman saya. Tapi, sejak saya mengenal Facebook, saya jadi malas membuat kalender sendiri karena di Facebook setiap ada teman saya yang ulang tahun saya diingatkan dan dengan ringkas bisa mengucapkan selamat di wall mereka.

Nah, berawal dari sana, saya sadar bahwa pun ketika saya berulang tahun, banyak dari teman saya yang tahu karena Facebook yang mengingatkan. Sejak tahun kemarin, saya tidak memunculkan tanggal lahir saya. Saya ingin tahu berapa banyak teman saya yang ingat kapan sebenarnya ulang tahun saya.

Hal itu menyenangkan loh. Ketika ada teman yang mengucapkan ulang tahun pada saya bukan karena diingatkan oleh Facebook, saya lebih senang ketimbang dulu melihat wall saya dipenuhi ucapan selamat. Rasanya lebih bahagia dan bersyukur. Apalagi ternyata handphone saya juga masih menerima pesan-pesan singkat ucapan selamat.

Lalu, ketika malam takdapat lelap, saya mulai merencanakan kembali keisengan saya yang belum sempat direalisasikan ini. Saya akan mengubah tanggal lahir saya dan memunculkannya di Facebook. Saya pun mulai mencari tanggal di bulan ini. Ah, sepertinya tanggal 18 tanggal yang cocok. Saya lahir di tanggal itu, jadi saya akan mengubah tanggal lahir saya di tanggal yang sama bulan yang berbeda. Dan kebetulan, ketika saya memikirkan rencana itu, hari itu masih tanggal 14 Juli, masih ada empat hari lagi.

Sambil tersenyum-senyum, saya ubah tanggal lahir saya. Voila! Saya akan berulang tahun empat hari lagi, 18 Juli 2012!

Hari itu tiba dan saya pun membuka Facebook. Oh, alangkah lucunya Facebook ini. Beberapa orang mungkin bertanya kenapa tiba-tiba saya ulang tahun bulan ini. Ternyata  beberapa orang itu masih ingat bahwa Februari adalah bulan lahir saya. Tapi ketika ada yang mengucapkan selamat, saya pun langsung terbahak. Ini lucu, pikir saya.

Pada akhirnya, saya galau. Hahahaa... Di satu sisi ini menyenangkan, tapi di sisi lain saya merasa bersalah karena sudah iseng pada teman-teman saya. Padahal di antara sekian banyak yang mengucapkan pasti ada doa-doa yang tulus dipanjatkan. Memang bukan salah mereka kalau mereka tidak ingat kapan saya berulang tahun, toh saya juga masih menggunakan sistem ingatan Facebook dibandingkan sistem ingatan kepala saya. Hanya saja, keisengan kali ini benar-benar bikin saya penasaran.

Terima kasih kepada kalian yang masih ingat saya lahir di bulan Februari. Terima kasih pula kepada kalian yang sudah memberi ucapan selamat di 18 Juli kemarin. Dan maaf bagi kalian yang terjebak dalam keisengan saya. Semoga tidak ada yang tersinggung. Amin.

Saya akan mencobanya lagi nanti. Hmmm... Mungkin enam bulan lagi. Nanti saya laporkan yah. Rasanya tidak sabar :D


No comments:

Post a Comment